PEMIKIRAN UNTUK MENGELUARKAN PETANI DARI KEMISKINAN

Bustanul Arifin
| Abstract views: 457 | Untitled views: 608

Abstract

Petani di Indonesia merupakan masyarkat yang sebagian besar (sekitar 55%) masuk dalam kelompok penduduk miskin. Oleh karena itu, program pengentasan kemiskinan baik langsung maupun tidak langsung cukup efektif diarahkan terutama kepada para petani ini. Apalagi para petani menjadi sasaran yang terkena dampak cukup signifikan dari kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Langkah-langkah yang perlu diambil oleh pemerintah sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden tentang strategi tiga jalur (triple-track strategy) platform pembangunan yang lebih pro-growth, pro-employment dan propoor, salah satunya adalah melalui revitalisasi sektor pertanian dan perdesaan untuk berkontribusi pada pengentasan kemiskinan. Saat ini masyarakat menunggu upaya konkrit daripemerintah untukpenyerapan tenaga kerja. pengurangan disparitas pendapatan diperdesaan dan aliran tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor ekonomi lainnya. Terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk pengentasan kemiskinan, antara lain peningkatan alokasi anggaran untuk sektor pendidikan dan kesehatan, peningkatan usaha ekonomi produktif dan perbaikan infrastruktur vital di perdesaan, serta diperlukan program pengentasan kemiskinan yang tegas antara misi sosial pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan skala komersil.

Keywords

Petani; pengentasan kemiskinan;

Full Text:

Untitled

References

Arifin. Bustanul. (2004). Analisis Ekonomi Pertanian Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku KOMPAS. 304 halaman.

Arifin, Bustanul. (2005). Pembangunan Pertanian: Paradigma Kebijakan dan Strategi Revitalisasi. Jakarta: PT Gramedia Widyasarana Indonesia.

halaman. Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM)

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. (2005). Road-Map Menuju Ketahanan Pangan. Jakarta: LPEM-FEUI.

Mellor, John (ed.). (1995). Agriculture on the Road to Industrialization. New Yortk: The Johns Hopkins University Press.

World Bank. (2005). Indonesia: New Directions. "The World Bank Brief for The Consultative Group on Indonesia (CGI)", January 19-20. 2005,

Washington, DC: The World Bark.

Copyright (c) 2016 JURNAL PANGAN

Refbacks

  • There are currently no refbacks.