Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for JURNAL PANGAN?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam proses publikasi pada media lain.
  2. Tulisan benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme)
  3. Tulisan telah memerhatikan peraturan, pedoman, kaidah penulisan dan kode etik peneliti yang berlaku serta melampirkan Surat Pernyataan Klirens Etik (Perka LIPI 08/E/2013)
  4. Naskah yang diajukan telah ditulis menggunakan Aplikasi Pengolah Kata (Word: .doc / .docx). (Format menyesuaikan template yang telah disiapkan)
  5. Naskah yang akan dimuat merupakan tulisan terkait komoditi biji-bijian (grains), umbi-umbian (tuber), kacang-kacangan (legumes/pulses), minyak pangan (edible oils) atau gula (sugar) dengan analisa bahasan meliputi aspek produksi, pengolahan, penyimpanan, transportasi, pemasaran, perdagangan, konsumsi dan gizi, sarana, teknologi, jasa, pendanaan, atau kebijakan.
  6. Jenis naskah dapat merupakan salah satu dari 3 kategori tulisan berikut :

            a.   Artikel ilmiah (Research Article). Artikel yang diajukan berisi kemajuan utama (major advance) yang merupakan original research findings. Artikel ilmiah harus mencakup abstrak bahasa Indonesia dan bahasa inggris, pendahuluan, bagian-bagian dengan sub judul (sub-heading) ringkas, dan maksimum 40 referensi. Materi dan metode harus dimasukkan guna menunjang material online, yang juga harus memasukkan informasi lain yang dibutuhkan untuk mendukung kesimpulan.
            b.   Kajian (Review) mendeskripsikan perkembangan baru kesignifikanan interdisiplin dengan memperhatikan pertanyaan pertanyaan yang belum teresolusi serta arahnya di masa mendatang. Semua review akan melalui proses pengkajian oleh peer-reviewer. Reviewer yang di kirim harus memuat abstrak, pendahuluan, bagian-bagian dengan sub-judul (sub-heading) ringkas, dan maksimum 40 referensi
            c.   Tulisan selain artikel ilmiah dan kajian yang berkaitan dengan pangan menyajikan hal-hal seperti kebijakan-kebijakan baru dan penting dengan kesignifikanan yang luas, baik skala nasional maupun internasional, komentar terhadap masalah pangan, diseminasi undang-undang, peraturan pemerintah, Inpres, Keppres, bedah buku, wawancara.

  1. Artikel ilmiah (research article) dan kajian (review) terdiri dari 10-20 halaman jurnal. Sedangkan  untuk tulisan lain selain artikel ilmiah dan kajian yang berkaitan dengan kebijakan pangan, komentar terhadap masalah pangan, diseminasi undang-undang, Peraturan Pemerintah, Inpres, Keppres, bedah buku, dan wawancara terdiri dari 2-8 halaman jurnal.
  2. Referensi artikel ilmiah (research article) dan kajian (review) maksimal memiliki 40 referensi.
  3. Tulisan diketik satu spasi ukuran kertas  A4. Pengetikan dilakukan dengan menggunakan huruf (font) Arial berukuran 10 point dengan jarak spasi 1. Setiap halaman diberi nomor serta secara berurutan termasuk halaman gambar dan tabel.
  4. Tulisan ilmiah dari hasil penelitian harus mempunyai struktur sebagai berikut :
  • Judul (Titles)
  • Abstrak (abstracts)
  • Pendahuluan
  • Metodologi
  • Hasil dan pembahasan
  • Kesimpulan
  • Daftar Pustaka
  • Biodata Penulis
   11. Tulisan ilmiah yang berbentuk kajian (bukan hasil penelitian murni) memiliki struktur seperti diatas namun tidak harus mencantumkan metode penelitian dalam subbab tersendiri.
   12. Tulisan lain yang berkaitan dengan pangan, struktur penulisannya disesuaikan dengan isi tulisannya.
   13. Artikel dikirim ke portal ejurnal PANGAN (http://jurnalpangan.com). Pada halaman login, buat user baru dengan mengklik Register/Daftar dan selanjutnya silahkan form yang ada diisi.
   14. Penulis menyertakan Curriculum Vitae singkat dan alamat yang jelas.
   15. Kepastian naskah dimuat atau tidak, akan diberitahukan secara tertulis.
   16. Redaksi tidak bertanggungjawab terhadap setiap pernyataan dan pendapat ilmiah yang dikemukakan penulis.
   17. Redaksi berhak mengubah naskah tanpa mengurangi isi yang terkandung di dalamnya, dan juga berhak menolak naskah yang dianggap tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan.

 

PENJELASAN STRUKTUR TULISAN

Judul (Titles), menonjolkan fenomena yang diteliti (objek riset). Judul bukan metode dan juga bukan kegiatan (proyek). Judul tidak terlalu panjang dimana fungsi aneka kata kunci terkait jelas. Judul dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Pada bagian bawah judul dicantumkan identitas penulis yang memuat nama penulis, nama dan alamat instansi serta alamat e-mail.

Abstrak (abstracts), terdiri tidak lebih  dari 200 kata dan ditulis dalam satu paragraf. Abstrak  mengandung poin-poin sebagai berikut : (i) Alasan riset dilakukan (the purpose and objective of the study; the central question); (ii) Pernyataan singkat apa yang telah dilakukan (what was done; the method); (iii) Pernyataan singkat apa yang telah ditemukan (what was found; the result); dan (iv) Pernyataan singkat tentang kesimpulan (what was concluded; discussion). Abstrak harus ditulis dalam dwibahasa (Indonesia dan Inggris). Abstrak juga harus disertai dengan kata kunci (keywords) antara 3-6 kata dan ditulis dalam dwibahasa.

Pendahuluan, berisi penjelasan padat dan ringkas tentang latar belakang penelitian, tujuan penulisan atau menggambarkan apa yang akan disampaikan dalam tulisan. Pendahuluan harus didukung oleh sumber pustaka yang memadai khususnya pustaka primer dan jelas menunjukkan perkembangan dari materi penulisan.

Metodologi, berisi disain penelitian yang digunakan, populasi, sampel, sumber data, instrumen, analisis dan teknik analisis yang digunakan.

Hasil dan pembahasan, berisi temuan penelitian tanpa disertai pendapat penulis dan pembahasan menjelaskan dengan baik serta argumentatif tentang temuan penelitian serta relevansinya dengan penelitian terdahulu.

Kesimpulan,menjawab tujuan penelitian tanpa melampauinya. Bila ada rekomendasi penelitian, dapat dimasukkan dalam subbab kesimpulan.

Daftar Pustaka,berisi sumber rujukan yang digunakan dalam penulisan ilmiah tersebut.  Ditulis dengan menggunakan sistem Chicago dan disusun menurut abjad.

Biodata Penulis, berisi nama lengkap penulis, tempat tanggal lahir, instansi penulis, riwayat pendidikan serta alamat email.

Daftar Pustaka, menggunakan format Chicago.

 

Contoh :

Buku

Sawit, M. Husein dan Erna Maria Lakollo. 2007. Rice Import Surge in Indonesia. Bogor : ICASEPS and AAI.

Artikel Jurnal

Morthy S.N. 1983. Effect of Some Physical and Chemical Treatment on Cassava Flour Quality. Journal of Food Science and Technology. Vol. 20. Nov/Dec : 302-305.

Skripsi/tesis/disertasi

Brotodjojo, R.R.R. 2007. Host searching behaviour of a generalist egg parasitoid – responses to alternative hosts with different physical characteristics.PhD Thesis at The University of Queensland, 180h.

 

Tabel harus disusun dengan ketentuan sebagai berikut : (i) tabel diberi nomor urut dengan angka arab, dicetak tebal (bold) dan diikuti dengan judul tabel tanpa cetak tebal. Bila judul tabel lebih dari satu baris, maka baris kedua dan selanjutnya dimulai sejajar dengan huruf pertama judul tabel pada baris pertama, (ii) tabel dibuat satu dimensi tanpa garis batas yang memisahkan antar kolom.

Gambar yang disajikan harus berkaitan dengan uraian pada naskah. Gambar dapat dibentuk bagan/diagram, grafik, peta maupun foto. Judul gambar diletakkan dibagian bawah gambar tersebut.

download template artikel

download manual OJS PANGAN untuk penulis

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. 2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  2. Where available, URLs for the references have been provided.
  3. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  4. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  5. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
  6. 1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).

Copyright Notice

catatan copyright aga disepakati oleh penulis

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.